Visualisasi Data : Definisi, Contoh dan Langkah Membuatnya

Visualisasi Data : Definisi, Contoh dan Langkah Membuatnya

Oleh Universitas Cakrawala

16 January 2024

Dunia yang semakin berkembang ini memiliki hubungan dengan adanya data, ketersediaan cara yang bisa diakses untuk bisa melihat dan memahami data yang dinilai semakin penting. Permintaan akan keterampilan data terhadap karyawan akan terus meningkat setiap tahunnya. Karyawan dan juga pemilik bisnis di setiap tingkatan perlu untuk mempunyai pemahaman mengenai data serta dampaknya. Maka, dari sinilah visualisasi data bisa berguna tujuannya yaitu menjadikan data untuk lebih mudah diakses dan dipahami, visualisasi data dalam bentuk dasbor merupakan alat yang digunakan banyak sekali bisnis untuk mampu menganalisis serta berbagai informasi. 

Definisi Visualisasi Data 

Visualisasi data merupakan penggambaran data yang memiliki berbagai bentuk visual, seperti grafik, peta, atau bagan. Pada bisnis, penggunaan visualisasi data sangatlah penting, khususnya ketika mampu dalam menganalisis banyak informasi yang ada. Visualisasi data merupakan serangkaian proses yang menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta guna untuk bisa merepresentasikan bentuk data. 

 

Visualisasi data menerjemahkan bagian yang kompleks, memiliki volume tinggi, atau numerik untuk menjadi representasi visual yang mudah untuk diproses. Alat visualisasi data mampu dalam meningkatkan dan mengotomatiskan setiap proses visual guna mendapatkan akurasi dan detail. Kamu juga bisa menggunakan representasi data visual dalam mengekstraksi wawasan yang bisa ditindaklanjuti dari data mentah. 

 

Visualisasi data merupakan bentuk dari representasi grafis dan juga informasi data, dengan menggunakan elemen visual seperti bagan, grafik, dan peta, maka alat visualisasi data mampu untuk menyediakan cara yang mudah untuk diakses dan memahami tren, outlier, serta mengenai pola data. Selain itu, hal ini memberikan banyak cara terbaik untuk karyawan atau pemilik bisnis dalam menyajikan data kepala audiens non-teknis tanpa kebingungan. Pada dunia Big Data, alat dan teknologi visualisasi data sangatlah penting digunakan untuk menganalisis informasi dalam jumlah besar serta membuat keputusan berdasarkan data. 

Contoh Visualisasi Data 

Contoh dari visualisasi data yang sering ditemukan yaitu pada penggunaan grafik, peta, dan juga bagan. Namun, nyatanya masih banyak sekali bentuk dari visualisasi data yang dapat digunakan untuk menggambarkan suatu data, contohnya dengan infografis serta dasbor untuk jenis visualisasi secara umum. Contoh visualisasi data yang lebih spesifik yaitu pada penggunaan bagan area, grafik batang, grafik peluru, kartogram, histogram, matriks, jaringan, pohon radial, plot sebar (2D atau 3D), grafik arus, dan peta pohon. Selain itu, ada contoh bidang yang menggunakan visualisasi data yang digunakan untuk mempermudah proses analisis, yaitu terdiri dari memetakan sejarah, menganalisis skrip film, menggambarkan proses dari aksi kriminalitas, dan penghitungan sensus penduduk. 

Langkah-Langkah Membuat Visualisasi Data

Agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam visualisasi data, berikut ini langkah-langkah yang perlu untuk dilakukan: 

Tentukan pertanyaan yang berhubungan dengan data 

Langkah pertama yang dilakukan yaitu, kamu harus bisa memperjelas pertanyaan yang digunakan untuk menunjang visualisasi data. Lalu, sebelum membuat visualisasi data bayangkan bagaimana visualisasi data yang sudah kamu buat bisa membantu para pembacanya. Identifikasikan data yang tersedia sampai kamu memahami isinya dan mengetahui visualisasi data seperti apa yang digunakan dalam memudahkan pembacaan data tersebut. Hal ini, dibutuhkan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pembacaan data dan perlu untuk mempertimbagkan hipotesis sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. 

Memahami data dan tentukan bentuk visualnya 

Langkah kedua yang perlu dilakukan yaitu, kamu harus bisa memahami data yang tersedia dan mulai semuanya dari dasar visualisasi data. Kamu juga bisa menggunakan diagram batang, diagram alur, diagram sabar, peta, dan jaringan. Pemilihan visualisasi dasar yang bergantung pada isi data dan apa yang perlu untuk disosialisasikan. Maka dari itu, kamu harus bisa memahami variabel yang dibutuhkan untuk bisa memvisualisasikan data tersebut. 

Mengidentifikasi pesan yang ingin disampaikan 

Langkah berikutnya yaitu harus bisa mengidentifikasi pesan yang disampaikan dalam visualisasi data tersebut. Kemudian, buatlah indikator yang paling informatif dari data yang perlu disuguhkan. Pastikan kamu selalu memahami bahwa hal penting dari visualisasi data yaitu dengan mengetahui kumpulan data yang baik dan memahami isi dari variabel data. 

Memilih bentuk visual yang akan digunakan 

Pilihlah jenis visualisasi data yang paling tepat, jika semakin tepat dari jenis visualisasi data yang dipilih. Dengan semakin mudah pula data ini untuk dibaca dan dijelaskan, pemilihan ini tentunya bisa disesuaikan dengan isi data yang sudah disampaikan. Berbeda data maka, akan berbeda pula tampilan visualnya. 

Mengkreasikan berbagai warna dan bentuk 

Kamu juga perlu untuk menggunakan warna, ukuran, skala, label, atau variasi dari bentuk yang digunakan untuk membedakan setiap variabel. Kreasikan agar visualisasi data kamu menjadi lebih menarik perhatian pembaca. Hal tersebut, akan memudahkan para pembaca saat memahami dan melihat visualisasi data tersebut. 

 

Berkembangnya zaman yang semakin modern seperti saat ini, pastinya banyak berkembang juga berbagai skill yang dibutuhkan, salah satunya visualisasi data. Banyak juga lho, yang tertarik untuk tertarik memperluas pengetahuan pada bidang ini. Jika kamu ingin melanjutkan karir bidang tersebut, bersama Universitas Cakrawala yang akan memberikan semua fasilitas lengkap untuk belajar mulai dari nol. 

Universitas Cakrawala juga memberikan pendidikan komprehensif untuk mempersiapkan masa depan, membekali perkembangan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman untuk terjun langsung di lapangan dan memberikan kesempatan untuk kamu mengembangkan portofolio melalui keterlibatan langsung pada proyek. Sehingga, memudahkan kamu untuk terus berkembang.

Tunggu apalagi daftarkan diri kamu sekarang dan  Info lengkapnya bisa cek di websitdi sini!

 

 

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.