Oleh Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Seiring dengan berkembangnya teknologi, strategi pemasaran kini beralih menggunakan media internet dan digital. Tingginya pengguna internet di Indonesia juga turut mendorong pertumbuhan digital marketing. Pemasaran melalui digital dianggap lebih cepat dan lebih mudah jika dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional.
Ingin tahu apa itu digital marketing, contoh, dan kelebihannya? Simak artikel berikut, ya!
Digital marketing adalah strategi pemasaran yang mengutamakan penggunaan media digital untuk memasarkan produk dan layanan kepada konsumen. Digital marketing melibatkan situs website, media sosial, e-commerce, mesin pencarian, dan media digital lainnya. Penggunaan digital marketing tidak hanya menjangkau konsumen lebih luas tetapi juga menjadi media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness suatu produk.
Menurut Asosiasi Digital Marketing Indonesia, ada 10 jenis digital marketing yang berkembang saat ini, diantaranya:
Content marketing adalah jenis pemasaran daring yang berfokus pada pembuatan dan publikasi konten yang menarik untuk target konsumen. Contoh content marketing antara lain blog, video, dan podcast.
Search Engine Optimization (SEO) adalah pembuatan traffic di internet yang bertujuan untuk menarik pengunjung pada website perusahaan. SEO harus mengoptimalisasi kata kunci yang relevan dengan artikel yang dibahas. SEO juga menumbuhkan traffic secara organik dan gratis.
Hampir sama dengan SEO, SEM juga bertujuan untuk meningkatkan traffic pengunjung pada website perusahaan melalui mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing. Namun, SEM menggunakan sistem berbayar sehingga akan muncul sebagai iklan pada search engine.
Social Media Marketing (SMM) merupakan strategi pemasaran daring yang memanfaatkan media sosial. Penggunaan media sosial sebagai sarana penjualan juga dapat memudahkan perusahaan dalam menjalin hubungan dengan konsumen secara lebih mudah dan cepat.
Metode ini sejenis dengan pemasaran Google Ads, di mana pengiklan akan membayar orang-orang yang berkunjung ke website dan mengklik iklan perusahaan.
Affiliate marketing merupakan salah satu strategi pemasaran daring yang memanfaatkan pelaku bisnis lain untuk mempromosikan produk dari perusahaan. Pelaku bisnis tersebut kemudian akan mendapatkan komisi dari penjualan produk atau besaran leads yang mengklik website perusahaan.
Email marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai media promosi. Email marketing juga berfungsi untuk menjalin hubungan dengan konsumen agar melakukan pembelian berulang serta menjaga hubungan baik dengan konsumen.
Metode pemasaran instan messaging marketing memanfaatkan penggunaan aplikasi pesan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan WeChat. Promosi dilakukan dengan mengirimkan pesan promosi secara personal kepada konsumen.
Melakukan promosi melalui radio masih terbilang efektif saat ini, meskipun tidak sebanyak menggunakan media internet. Pemasaran melalui radio dapat dilakukan dengan mengiklankan produk saat siaran berlangsung.
Televisi juga masih menjadi pilihan perusahaan dalam mengiklankan produk. Rata-rata seseorang dapat menghabiskan 4-5 jam untuk menonton TV. Untuk itu, beberapa perusahaan masih melakukan pemasaran melalui media televisi.
Strategi pemasaran melalui digital marketing memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan strategi pemasaran konvensional, diantaranya sebagai berikut:
Pemasaran melalui media digital lebih menghemat biaya sehingga dapat memaksimalkan dana yang terbatas. Digital marketing dapat menggunakan beragam media dan alat yang sesuai dengan anggaran perusahaan.
Tersedianya beberapa platform social media dan e-commerce tentunya akan memudahkan calon konsumen dalam membeli produk. Digital marketing juga dapat memanfaatkan platform-platform tersebut untuk menjangkau calon konsumen lebih luas dan meningkatkan volume penjualan.
Pemasaran konvensional dengan menggunakan media cetak seperti brosur dan banner hanya menjangkau target pasar tertentu sehingga jangkauan pemasaran terbatas. Sementara, penggunaan digital marketing akan menjangkau target pasar yang lebih luas karena sebagian besar konsumen dapat mengakses produk melalui internet dan media sosial.
Penggunaan digital marketing juga bertujuan untuk mengiklankan produk. Perusahaan akan memfokuskan dan menargetkan iklan kepada calon konsumen yang potensial. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan analisis data konsumen sehingga dapat terlihat jelas profil dan aktivitas calon konsumen.
Itulah penjelasan tentang apa itu digital marketing, contoh, dan kelebihannya. Ingin menjadi digital marketer yang handal? Serta ingin memiliki pengetahuan tren digital marketing yang sedang berkembang?. Saatnya kamu bergabung dengan Cakrawala University di jurusan bisnis digital.
Kunjungi laman resmi kami di cakrawala.ac.id untuk mendapatkan info pendaftaran. Jangan lewatkan kesempatan ini dan jadilah digital marketer profesional di masa depan!
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya
Universitas Cakrawala
•
17 November 2023
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya
Universitas Cakrawala
•
17 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023