Programmer : Pengertian, Skill yang Dibutuhkan, dan Prospek Kerjanya

Programmer : Pengertian, Skill yang Dibutuhkan, dan Prospek Kerjanya

Oleh Universitas Cakrawala

12 January 2024

Penggunaan gadget dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang sangat signifikan, setiap penduduk di Indonesia banyak yang sudah melek akan teknologi dan menggunakan gadget untuk kebutuhan sehari-hari. Gadget adalah bentuk peranti atau instrumen yang mempunyai tujuan serta fungsi praktis secara spesifik dirancang lebih canggih jika dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Umumnya, gadget yang sering digunakan oleh banyak orang yaitu handphone atau bisa disebut smartphone atau ponsel pintar. Hanya dengan satu gadget setiap aktivitas bisa diselesaikan dengan baik. 

Tidak hanya dalam bentuk smartphone saja, tetapi gadget juga sering digunakan khususnya untuk bekerja, seperti laptop dan komputer. Hampir sama dengan sama smartphone, kedua gadget tersebut memudahkan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan. Aplikasi yang mudah digunakan tersebut bisa berjalan dengan tidak hanya karena teknologi saja, tetapi juga ada orang yang buat serta mengembangkan aplikasi tersebut. Orang-orang yang ada di belakang aplikasi tersebut bisa disebut dengan programmer.

Apa Itu Programmer?

Programmer adalah orang yang melakukan tugas untuk membuat perangkat lunak atau aplikasi komputer dengan merancang instruksi kode terhadap pemrograman khusus. Seorang programmer juga perlu untuk dibekali keahlian dalam menulis program (syntax) saat sedang merancang aplikasi atau sistem yang ingin dibentuk. Hal tersebut, karena semua aktivitas yang dilakukan berhubungan dengan susunan kode komputer yang terdiri dari kombinasi angka, simbol, dan kata untuk bisa diterjemahkan kedalam bahasa yang mudah untuk dipahami semua orang. 

 

Programmer adalah seseorang yang dapat mengembangkan sebuah aplikasi atau sistem pada komputer dalam membuat perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware) dengan menggunakan bahasa pemrograman. Seorang programmer juga setidaknya bisa menguasai satu dari bermacam-macam bahasa dalam membuat sebuah program. Seorang yang mempunyai skill menulis kode program dan merancang sistem bisa disebut dengan programmer, kode bahasa yang dimaksud seperti Java, Python, Javascript, dan PHP. Sistem yang digunakan sehari-hari seperti web, aplikasi android, sistem operasi (Windows, Linux, iOS) ini semua dibuat dengan bahasa program yang disusun untuk para programmer. 

 

Skill Seorang Programmer

Skill yang dimiliki seorang programmer terbagi menjadi dua tipe yaitu ada hard skill dan juga soft skill. Dua-duanya sama penting untuk dimiliki oleh seorang programmer yang sudah professional. Apalagi di era sekarang ini dimana semua posisi dalam teknologi bersaing yang ketat untuk bisa mendapatkan posisi tersebut, termasuk menjadi seorang programmer. 

Skill komunikasi

Skill ini dibutuhkan karena programmer harus bisa untuk memahami suatu informasi kompleks yang kemudian dirangkum dan dijelaskan kepada orang awam. Contohnya, seorang programmer harus bisa menjelaskan kepada manajer mengenai proyek atau sistem yang sedang dibuat dengan baik. Kemampuan komunikasi juga dibutuhkan untuk menyampaikan ide baru. 

Skill kolaborasi

Saat bekerja dalam tim, seorang programmer tidak hanya mengerjakan pekerjaanya sendiri tetapi juga mendorong serta mendukung tim lain dalam menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan. Maka dari itu, kemampuan untuk berkolaborasi merupakan soft skill yang wajib dimiliki programmer. Seorang programmer yang baik harus bisa mengaplikasikan keahlian ini dalam tim guna meningkatkan produktivitas setiap anggotanya, kemampuan kolaborasi dibutuhkan agar programmer bisa menerima masukan secara objektif. 

Networking 

Networking merupakan kegiatan untuk bertemu dengan orang lain guna saling berkenalan, berbagi informasi, atau membicarakan suatu wacana atau ide cemerlang. Soft skill dibutuhkan programmer dalam menemukan orang yang tepat untuk bisa menyelesaikan proyek atau ide-ide besar yang sedang dikerjakan. Tidak hanya itu, networking juga dibutuhkan oleh programmer agar bisa berhubungan baik dengan vendor ataupun ahli IT lainnya. 

Problem Solving 

Soft skill utama yang harus dikuasai oleh semua programmer adalah kemampuan untuk melakukan problem solving yang baik. Dalam titik tertentu, sebagai seorang programmer harus bisa menghadapi masalah dalam proyek, jika tidak diselesaikan masalah yang lain akan hadir dan merusak produktivitas proyek. Keterampilan problem solving bisa membantu untuk menangani setiap masalah dengan cepat dan objektif, selain membantu untuk menyelesaikan masalah dengan lancar. 

Inovasi dan kreativitas

Soft skill berupa inovasi dan kreativitas merupakan skill yang penting untuk dimiliki oleh seorang programmer. Tidak hanya skill yang bagus dalam menulis kode saja, tetapi kamu juga harus bisa berpikir jauh ke depan secara kreatif. Kreativitas yang kamu miliki sebagai programmer akan membuatmu merasa selalu dibutuhkan di dalam lingkungan kerja. Kemampuan ini akan membuatmu terus berkembang, sebab inovasi akan dibutuhkan untuk bisa bersaing dengan kompetitornya. 

Prospek Kerja Programmer

Managerial 

Role ini mempunyai tanggung jawab dalam pengambilan keputusan dan pemimpin pada tim programmer. Mereka juga memberikan bimbingan kepada tim agar performa kerjanya bisa lebih baik lagi. Jika memilih role managerial, kamu akan lebih mudah untuk mencoba sebagai seorang pemimpin atau lead. 

Engineering 

Berbeda dengan managerial, sebagai seorang engineering harus bisa bertanggung jawab untuk fokus pada engineering saja. Fokus dari seorang engineer yaitu dengan membuat coding dan paham dengan sistem teknologi yang ada pada perusahaan. Seorang engineering akan selalu dicari jika berhubungan dengan teknologi. 

 

 

Programmer ini jadi profesi yang diminati banyak orang lho! Khususnya para lelaki yang banyak sekali menekuni bidang ini, tetapi perempuan juga bisa kok jadi seorang programmer. 

 

Bagi yang ingin meraih karir pada posisi programmer, bisa langsung belajar dari nol di Cakrawala University. Cakrawala University akan memberikan fasilitas untuk kamu yang minat dalam bidang tersebut.  

 

Selain itu, Cakrawala University menyediakan pendidikan komprehensif untuk mempersiapkan masa depan, membekali perkembangan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman untuk terjun langsung di lapangan dan memberikan kesempatan untuk kamu mengembangkan portofolio melalui keterlibatan langsung pada proyek. Info lengkapnya di sini

 

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.