Windows dan Linux: 5 Perbedaan Utama yang Perlu Kamu Ketahui

Windows dan Linux: 5 Perbedaan Utama yang Perlu Kamu Ketahui

Oleh Universitas Cakrawala

19 December 2023

Ketika kita membahas mengenai perbedaan antara Windows dan Linux merupakan sebuah perdebatan yang tidak pernah ada habisnya. Hampir semua orang membicarakan mana yang terbaik diantara keduanya. Memang topik ini selalu menarik untuk dibicarakan. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, baik dari segi kelebihan dan kekurangan.

 

Perbedaan dari Windows dan Linux bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti lisensi, keamanan, kinerja, harga, update, dan lain sebagainya. Operating System (OS) ini merupakan komponen yang sangat penting yang ada di dalam perangkat komputer, karena OS berfungsi sebagai jembatan antara perangkat lunak dan perangkat keras.

 

Lalu apa saja perbedaan dari Windows dan Linux? Dalam artikel ini kita akan membahas perbedaan keduanya, serta OS manakah yang lebih cocok untuk kamu. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi atau lebih dikenal dengan operating system (OS) merupakan perangkat lunak yang sangat vital perannya dalam pengoperasian sebuah komputer. Ada beberapa jenis sistem operasi yang telah disediakan saat ini, diantaranya yaitu Windows dan Linux. 

 

Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan banyak dipakai oleh para pengguna. Dilihat dari segi penggunaan sistem operasinya, Windows banyak dipakai untuk mengerjakan pekerjaan kantoran, sekolah, dan lain-lain. 

 

Sedangkan Linux merupakan sistem operasi open source yang dikembangkan oleh komunitas pengembang dan tersedia secara gratis. Ada banyak jenis Linux yang bisa digunakan oleh perangkat komputer, diantaranya Mandaria, Ubuntu, RedHat, Linux Mint, dan Debian.

Perbedaan Windows dan Linux

Sistem operasi Windows dan Linux memiliki beberapa perbedaan dalam hal fungsional dan fitur. Windows umumnya akan lebih mudah digunakan oleh para pengguna awam karena tampilannya yang sederhana dan familiar. Sedangkan Linux memiliki kelebihan dalam hal stabilitas dan keamanan yang lebih baik, serta fleksibilitas yang tinggi karena sumbernya terbuka. Berikut beberapa perbedaannya selengkapnya.

  1. Lisensi

Perbedaan yang paling bisa kita lihat pertama kali yaitu dari aspek lisensi. Windows merupakan sistem operasi yang memiliki kode program private. Artinya hanya developer internal saja yang bisa mengakses dan mengembangkan sistem operasi Windows. Untuk kamu yang menggunakan Windows, akan terikat dengan aturan dari Microsoft mengenai penggunaan sesuai dengan lisensi.

 

Sedangkan Linux termasuk sistem operasi open source GNU Public Lisence. Kode di Linux ini dipublikasikan secara umum dan bisa dimodifikasi dan dikembangkan secara gratis.

  1. Keamanan

Perbedaan dari Windows dan Linux juga bisa kita lihat dari aspek keamanan yang disediakan. Windows dan Linux mempunyai sistem keamanan sendiri. Meskipun linux adalah sistem operasi open source, namun tingkat keamanan yang diberikan justru lebih baik daripada Windows. Para pengguna bisa mengakses source code, memantau, serta memperbaiki masalah keamanan yang bisa saja terjadi.

 

Sementara sistem keamanan dari Windows dikembangkan oleh perusahaan Microsoft sehingga masalah keamanan yang terjadi akan diperbaiki oleh tim Microsoft. Dengan begitu, para pengguna Windows perlu melaporkan masalah yang terjadi kepada customer service Windows agar bisa ditindaklanjuti.

  1. Kinerja

Linux dikenal memiliki performa kecepatan yang baik di perangkat komputer. Hal berbeda dari sistem operasi Windows yang dikenal cukup lambat seiring dengan berjalannya waktu pemakaian.

 

Sistem operasi Windows cenderung akan semakin melambat di perangkat keras yang lama serta sangat tergantung dengan lama pemakaiannya. Dari aspek kinerja, Linux bisa dibilang lebih unggul dibandingkan dengan Windows.

  1. Update

Perbedaan Windows dan Linux bisa dilihat dari aspek update-nya. Sebagai sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan, Windows memiliki sistem pembaruan yang teratur sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak Microsoft.

 

Sementara pengguna sistem operasi Linux mempunyai kebebasan untuk melakukan update sistem sesuai dengan kebutuhan para pengguna. Itu artinya, para pengguna Linux bisa melakukan pembaruan sistem kapan saja jika dibutuhkan.

  1. Harga

Harga dari Windows dan Linux juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Hal ini sebenarnya bisa kita lihat dari aspek lisensinya yang berbeda yang mengartikan bahwa harganya pun akan berbeda.

 

Linux adalah sistem operasi open source, jadi kamu bisa menggunakannya secara bebas dan gratis. Caranya hanya mengunduh dan instal sistem operasi Linux di komputernya masing-masing.

 

Sementara Windows, kamu harus membayar lisensi untuk bisa menggunakannya. Lisensi Windows 10 bisa kamu beli dengan harga mulai dari 3 juta rupiah.

 

Nah, itulah informasi mengenai perbedaan sistem operasi antara Windows dan Linux. Dalam penggunaannya, kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kerja. Namun jika kamu ingin mendalami tentang sistem operasi pada komputer, sebaiknya kamu segera kuliah di jurusan sistem informasi Cakrawala University!

 

Jurusan sistem informasi Cakrawala University dirancang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Jadi para lulusan dari Cakrawala University akan siap untuk berkarir di bidang teknologi informasi. 

 

Ayo segera bergabung di Cakrawala University dan menjadi bagian dari masa depan teknologi informasi!

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.