Peran Sistem Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Peran Sistem Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Oleh Universitas Cakrawala

19 April 2024

Peran sistem informasi dalam bisnis menjadi hal penting dalam era digital seperti ini. Kemajuan teknologi informasi berbasis komputer dalam dekade terakhir mengharuskan setiap pemilik perusahaan mengadopsi sistem informasi. Pada era digital yang terus berkembang, sistem informasi menjadi bagian yang integral dari semua aspek dalam kehidupan manusia. Pada dunia bisnis, sistem informasi memiliki peranan yang penting untuk mengoptimalkan operasional perusahaan. 

 

Sistem informasi membantu perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola informasi secara efektif. Data yang terstruktur dengan baik, bisa untuk melakukan pengambilan keputusan yang baik dan tepat waktu. Contohnya, dengan sistem informasi yang baik perusahaan bisa mengintegrasikan setiap informasi dari berbagai departemen serta menawarkan akses yang cepat serta mudah kepada pengambil keputusan ke informasi penting. Secara umum, sistem informasi dapat dikembangkan dari awal demi tujuan yang berbeda dari sistem pemrosesan data elektronik standar secara signifikan. Namun, masih banyak pemilik usaha tidak berusaha dalam mengaplikasikan pengembangan dari sistem pendukung keputusan. 

 

Peran Sistem Informasi dalam Bisnis

Banyak orang yang salah dimana mereka berpikir bahwa bisnis  harus bisa memahami  dan mengimplementasikan banyak aplikasi yang dikembangkan dengan melalui sistem informasi. Efektivitas manajerial akan meningkat jika semua keputusan yang diambil berdasarkan atas sistem informasi. Banyak pemilik industri yang mempekerjakan manajer dan hanya mengenal beberapa jenis sistem tidak diperbaharui. Para pengusaha cenderung memfokuskan pada karakteristik teknis yang konvensional, maka dari itu mereka bisa mengantisipasi cara yang mana dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas kinerja pekerja dalam perusahaan. Sistem informasi yang sangat inovatif harus bisa bermanfaat untuk manajemen, berisiko tinggi untuk tidak pernah diimplementasikan. Hal ini khususnya jika pemilik usaha tidak berminat dengan perubahan. 

 

Kontribusi Sistem Informasi Pada Kemajuan Bisnis 

 

Bisnis bisa menghadirkan metode baru dan juga teknik inovatif merupakan suatu bisnis yang bisa bertahan di pasar. Banyak perubahan konstan dan evolusi preferensi sekaligus persyaratan yang ingin untuk diterapkan kepada pelanggan. Pemilik bisnis tentu harus bisa menyediakan permintaan pelanggan, implementasi pada sistem informasi yang harus bisa memberikan banyak manfaat dalam bisnis, tidak hanya itu sistem informasi bisa membantu dalam pengendalian proses internal dan eksternal. Berikut, manfaat dari sistem informasi :

 

Memunculkan barang atau jasa termodern 

Sistem informasi bisnis yang terorganisir dengan baik perlu untuk ditingkatkan oleh setiap pemilik bisnis. Selain itu, untuk meraih pelanggan dalam jumlah besar sistem informasi bisnis bisa memberikan pegangan yang kuat untuk masa depan. Sistem informasi bisa membantu dalam menganalisis proses independen dan memungkinkan terorganisir aktivitas kerja.  Maka dari itu, sistem informasi memberikan kemudahan kepada perusahan guna bisa memahami bagaimana perusahaan dapat menghasilkan, mengembangkan, dan menjual barang jasa. 

 

Menyimpan informasi 

Sistem informasi bisa  menyimpan log aktivitas, log ini digunakan untuk menyimpan berbagai masalah yang dialami perusahaan sekaligus solusi untuk menghadapi masalah yang sama. Sistem informasi juga memudahkan penyimpanan data operasional, dokumen penting, dan bentuk data lainnya. Penyimpanan data secara manual melibatkan banyak waktu, tenaga, dan juga uang. Sistem informasi yang canggih bisa menyimpan dalam database, maka dari itu proses pencarian data bisa disederhanakan. 

 

Pengambilan keputusan yang disederhanakan 

Peran sistem informasi dalam bisnis memudahkan proses pengambilan keputusan sekaligus dalam menyederhanakan proses penyampaian informasi. Kemudahan ini tentu mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan akurat.  

 

Kemajuan sumber daya manusia 

Peran sistem informasi dalam bisnis bisa diterapkan secara efektif dengan cara melakukan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan. Sistem informasi bekerja lebih baik karena menyimpan dokumen dan juga file dalam folder yang bisa diakses dan dibagikan oleh karyawan. Maka dari itu, aliran informasi antara manajemen dan karyawan tingkat bawah dapat untuk dipantau terus. Karyawan juga menjadi bagian dari proses pengambilan, kemudahan ini mendorong pada peningkatan SDM yang merasa termotivasi dan berkomitmen dalam mengerjakan tugas.  

 

Kamu udah mulai tertarik belum nih, buat lanjut karir di bidang sistem informasi? Nah, cara gampangnya buat kamu yang ingin melanjutkan karir dalam bidang sistem informasi bisa gabung dengan  Cakrawala Universitas yang memberikan fasilitas lengkap terkait jurusan Sistem Informasi dan wujudkan impianmu sekarang juga!

 

Cakrawala University sendiri menawarkan banyak program studi komprehensif yang dirancang khusus untuk membentuk mahasiswa menjadi profesional dan handal untuk terus terampil di era digital saat ini. Informasi lengkapnya bisa cek di sini

Jadi tunggu apa lagi? Sekarang juga daftarkan diri kamu di Cakrawala University jurusan Sistem Informasi dan siap jadi profesional IT!

 

Baca Juga :

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.