Ciri-Ciri Serangan Ransomware yang Harus Diwaspadai

Ciri-Ciri Serangan Ransomware yang Harus Diwaspadai

Oleh Universitas Cakrawala

08 September 2024

Virus dan malware merupakan suatu yang sangat dikhawatirkan oleh para pengguna komputer. Selain mengurangi performa serta beberapa virus bisa menyembunyikan file penting, bahkan seiring dengan perkembangan teknologi yang kini juga disebut dengan ransomware. Kamu juga harus tahu pengertian dari ransomware, ciri-ciri komputer yang terinfeksi serta cara untuk mengatasinya. 

 

Ransomware merupakan jenis dari malware pada komputer yang masuk kedalam sistem dan mengunci semua data yang ada tanpa terkecuali. Tidak hanya itu saja, ransomware juga meminta tebusan pada korbannya jika data yang dikunci ingin dibuka. Tebusannya juga tidak menggunakan mata uang yang umum untuk digunakan namun berupa mata uang virtual bitcoin yang sangat sulit untuk dilacak. Selain itu, virus ini juga bisa mengunci semua sistem sehingga jalan satu-satunya yaitu dengan membayar uang tebusan yang diminta untuk bisa menggunakan komputernya kembali. 

Alasan Ransomware Harus Diwaspadai?

Ransomware merupakan ancaman yang dinilai serius serta perlu untuk diwaspadai oleh semua orang, khususnya para pemilik bisnis. Berikut ini penjelasan mengenai alasan dari ransomware harus diwaspadai. 

 

  • Kehilangan data: potensi kehilangan data menjadi hal penting dalam hal ini, ketika komputer atau jaringan terinfeksi ransomware maka semua file penting bisa dienkripsi serta tidak bisa untuk diakses. Informasi lainnya sulit bahkan bisa digantikan, kehilangan data ini bisa menghancurkan bisnis untuk kehidupan pribadi seseorang. 
  • Kerugian keuangan: ransomware tidak hanya mengancam data saja, namun juga menyebabkan kerugian. Para penjahat cyber berada di balik serangan ransomware yang meminta tebusan mata uang crypto contohnya seperti bitcoin untuk memberikan kunci deskripsi. Pembayaran tebusan ini lebih mahal dan juga ilegal, oleh karena itu, banyak organisasi dan individu memilih untuk tidak membayar, tetapi tetap menghadapi kerugian akibat kerusakan data.
  • Merusak reputasi : serangan ransomware juga bisa merusak reputasi seseorang atau juga bisnis. Ketika informasi mengenai insiden ransomware yang tersebar, pelanggan, mitra bisnis, dan juga pemangku kepentingan lainnya. Hal ini mengakibatkan kehilangan pelanggan, kontrak bisnis yang terancam dan juga reputasi rusak dalam jangka panjang. 
  • Gangguan operasional: Ransomware bisa menyebabkan gangguan operasional yang sangat serius. Ketika komputer atau sistem kritis untuk terkena serangan bisnis bisnis bisa mengalami downtime yang sudah signifikan. Dalam beberapa kasus, bisnis mungkin bahkan harus menutup sementara untuk mengatasi serangan ransomware.

 

Ciri-Ciri Komputer Terkena Ransomware

Mengenali ciri-ciri dari komputer yang terkena ransomware penting untuk bisa mendeteksi infeksi dengan segera serta mengambil tindakan yang tepat. Berikut ini penjelasan secara jelas mengenai ciri-ciri komputer yang terkena ransomware

Enkripsi file

Ciri yang paling mencolok dari komputer yang terkena ransomware merupakan enkripsi file. Dalam hal ini ransomware akan mengenkripsi file-file kamu membuatnya tidak bisa diakses. Hal ini bahwasannya kamu tidak bisa membuka, mengedit, atau menggunakan file-file tersebut tanpa kunci deskripsi yang diberikan oleh penjahat cyber. Ekstensi file dapat berubah menjadi karakter acak, seperti “.encrypted” atau “.lock“.

Munculnya pesan tebusan 

Setelah proses enkripsi selesai, nantinya akan muncul pesan tebusan untuk layar komputer kamu. Pesan tersebut akan memberitahu bahwasannya kamu sudah dienkripsi untuk membayar sejumlah uang dalam mata uang crypto tertentu, seperti Bitcoin, untuk mendapatkan kunci dekripsi. Pesan ini sering disertai dengan ancaman bahwa data Anda akan dihapus secara permanen jika Anda tidak membayar dalam waktu tertentu.

Layar terkunci 

Ransomware bisa mengunci layar komputer sepenuhnya, menghalangi setiap akses desktop atau sistem operasi. Hal ini mencegah kamu dalam mengambil tindakan apa pun pada komputer Anda kecuali membayar tebusan atau mengikuti instruksi yang diberikan dalam pesan tebusan.

 

Merubah wallpaper

Ransomware mengubah wallpaper desktop kamu dengan pesan tebusan atau gambar yang menakutkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kamu bisa melihat pesan mereka saat menggunakan komputer. Ransomware seringkali mengubah wallpaper desktop dengan pesan atau gambar yang menakutkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda melihat pesan mereka setiap kali Anda menggunakan komputer Anda.

Kerja komputer lambat 

Komputer kamu akan mengalami penurunan kinerja yang signifikan hal ini disebabkan oleh beban enkripsi yang dikenakan CPU dan juga perangkat keras. Program-program dan proses mungkin berjalan sangat lambat, membuat penggunaan komputer menjadi frustasi.

 

Pembahasan mengenai ransomware ini sangat berguna, yang mana kamu bisa tahu cara step by step untuk menyelesaikan virus dari ransomware. Tidak hanya itu kamu bisa tahu ciri dari serangan ransomware untuk antisipasi. 

 

Belajar mengenai ciri ransomware yang lebih dalam lagi, kamu bisa belajar dari dasar sampai mahir betul mengenai ransomware dengan menjadi siswa jurusan sistem dan teknologi informasi di Cakrawala University. Cakrawala University akan memberikan pembelajaran mulai dari awal sampai kamu bener-bener mahir dan paham dong tentunya! Yuk sekarang juga, daftarkan diri kamu menjadi bagian (Cakrawala University)!

 

Baca Juga : 

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.