Apa Itu Firebase, Fitur-Fitur dan Manfaatnya

Apa Itu Firebase, Fitur-Fitur dan Manfaatnya

Oleh Universitas Cakrawala

13 June 2024

Proses untuk membuat suatu aplikasi membutuhkan serangkaian proses yang cukup panjang dan rumit. Apalagi jika dihadapkan dengan salah satu bagian paling berat dari aplikasi, yakni backend. Akan tetapi, saat ini sudah ada Firebase yang membantu kalian untuk membuat aplikasi dengan mudah.

 

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Firebase. Namun perlu diketahui, menggunakan layanan Firebase ini disinyalir dapat mempercepat pekerjaan developer aplikasi loh

 

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengenali lebih jauh apa itu Firebase, beserta fitur-fitur dan manfaatnya. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Firebase

Firebase merupakan suatu layanan dari Google untuk membantu para developer aplikasi dalam mengembangkan aplikasinya. Firebase juga merupakan BaaS (Backend as a Service) yang dapat mempercepat pekerjaan developer sehingga mereka bisa fokus untuk mengembangkan aplikasi tanpa effort yang besar pada backend.

 

Pertama kali Firebase dirilis yaitu pada tahun 2011 oleh Andre Lee dan James Tamplin. Produk pertama Firebase yaitu Realtime Database yang digunakan untuk menyimpan data dan menyinkronkan ke beberapa user. Lalu aplikasi ini diambil alih oleh Google tepatnya pada tahun 2014, dan terus berkembang menjadi layanan terbaik untuk developer aplikasi.

 

Layanan pertama Firebase yaitu service trial (percobaan). Namun saat ini bisa para developer aplikasi bisa menggunakan layanan ini dan dimanfaatkan secara gratis. 

Fitur-Fitur Firebase

Firebase Analytics

Ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Firebase. Firebase analytics memiliki fungsi sebagai pengoleksi data dan juga melakukan laporan untuk aplikasi berbasis Android dan iOS. Bahkan dalam fitur ini juga memungkinkan untuk membuat segmentasi pengguna sesuai dengan fitur apa saja yang sering digunakan.

Firebase Authentication

Fitur ini salah satu layanan backend yang mudah digunakan, dan tampilan interfaces yang siap pakai untuk mengautentikasi pengguna ke aplikasi. Firebase authentication mendukung autentikasi menggunakan nomor telepon, sandi, penyedia identitas gabungan populer seperti Google, Facebook, dan sebagainya.

Firebase Cloud Messaging and Notifications

FCM (Firebase cloud Messaging) adalah fitur yang menyediakan koneksi yang dapat digunakan antar server maupun device sebagai pertukaran pesan lintas platform untuk mengirim pesan tanpa biaya. Sedangkan untuk notifikasi dapat disesuaikan berdasarkan zona waktu di mana pengguna berada.

Firebase Realtime Database

Realtime database merupakan fitur dari firebase yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi antara pengguna dan menyimpan data secara realtime. Menariknya, sinkronisasi realtime database mendukung dalam kondisi online maupun offline.

Firebase Cloud Firestore

Cloud Firestore adalah fitur database terbaru dari Firebase untuk mengembangkan aplikasi yang digunakan untuk menyimpan, menyinkronkan, dan membuat kueri data aplikasi. Fitur ini cocok digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan interaksi kompleks dengan data yang besar, seperti aplikasi toko online dan game.

Firebase Hosting

Firebase hosting adalah suatu layanan hosting konten web dengan kemampuannya mengimplementasikan aplikasi web hanya dengan satu instruksi saja. Fitur ini berguna untuk menayangkan konten melalui koneksi yang aman, mengirimkan konten secara cepat, dan mendukung semua jenis konten untuk di hosting, mulai dari HTML, CSS, API, dan Express.js.

Manfaat Firebase

1. Membantu Membuat Aplikasi dengan Mudah

Firebase merupakan layanan yang memudahkan dalam proses pembuatan aplikasi. Didukung dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan database yang disinkronisasi secara realtime. 

 

Selain itu, developer aplikasi pun jadi lebih hemat waktu karena tidak harus mengembangkan infrastruktur internal yang kompleks ataupun mengelola beberapa dashboard. Dengan begitu, bisa lebih fokus untuk menghadirkan fitur-fitur yang diinginkan pengguna.

2. Meningkatkan Kualitas Aplikasi

Peran Firebase untuk membuat aplikasi begitu besar dan dapat meningkatkan kualitas sekaligus optimasi fitur yang ada di dalamnya.

3. Dapat Bekerja di Semua Platform

Firebase mendukung untuk menampilkan aplikasi melalui Android SDK, iOS, JavaScript, dan C++. Hal ini memudahkan developer untuk mengintegrasikan layanan Firebase ke dalam berbagai jenis aplikasi.

4. Keamanan

Firebase menyediakan fitur keamanan yang kompleks, termasuk autentikasi pengguna, akses keamanan, serta enkripsi data saat transit dan saat istirahat.

5. Mengembangkan Bisnis

Layanan ini dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan aplikasi agar pengguna merasa nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Semakin nyaman pengguna dalam menggunakan aplikasi, maka akan semakin berdampak terhadap bisnis. 

 

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai Firebase. Kesimpulannya, Firebase adalah sebuah layanan database dari Google yang bisa kita gunakan untuk membantu developer aplikasi dalam mengembangkan aplikasinya. Firebase memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk monitoring dan memberikan insight kepada pengguna aplikasi secara realtime. 

 

Siap menjadi developer handal di era digital? Cakrawala University siap membimbing anda! Program studi Sistem dan Teknologi Informasi Cakrawala University menawarkan program yang lengkap dan terstruktur. Kami memiliki dosen berpengalaman dan fasilitas yang modern untuk membantu anda menguasai Firebase dengan cepat dan efektif.

 

Daftar sekarang di program studi Sistem Teknologi Informasi Cakrawala University dan raih mimpi menjadi developer handal!

 

Baca Juga :

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.