Oleh Universitas Cakrawala
•
01 August 2024
Di era bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan harus bisa berinovasi dan mencari cara untuk dapat menarik perhatian konsumen. Salah satu strategi marketing yang semakin populer yaitu menggunakan eksperiental marketing.
Eksperiental marketing adalah marketing yang berfokus pada menciptakan pengalaman yang mendalam bagi konsumen. Dengan eksperiental marketing, bisnis tidak hanya menjual produk atau layanan saja, tetapi juga menciptakan pengalaman yang melibatkan konsumen secara emosional dan fisik. Hal ini sangat penting karena konsumen modern cenderung lebih memilih brand yang memberikan pengalaman unik dan personal.
Nah, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian eksperiental marketing dan tipe-tipenya, simak informasi di bawah ini!
Eksperiental marketing diambil dari dua kata, yakni experiential dan marketing. Experiential berasal dari bahasa Inggris yang berarti experience atau pengalaman. Sedangkan marketing adalah pemasaran.
Jadi, eksperiental marketing yaitu sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari sebuah brand kepada konsumennya. Tujuannya yaitu agar bisa meningkatkan brand awareness, engagement, kesetiaan, dan penjualan secara langsung.
Dengan memberikan pengalaman mengesankan, kesetiaan terhadap suatu brand juga dapat meningkat. Konsumen akan kembali memilih brand tersebut untuk memenuhi kebutuhannya.
Supaya kamu bisa lebih memahami eksperiental marketing, berikut tipe-tipe eksperiental marketing yang bisa dilakukan, diantaranya:
Pameran produk menjadi sebuah acara di mana brand dapat menampilkan produk atau layanan mereka dalam lingkungan yang interaktif. Pameran produk sering diadakan di tempat-tempat strategis seperti pusat perbelanjaan, pameran dagang, atau event khusus.
Pameran produk memungkinkan konsumen untuk melihat, mencoba, dan merasakan produk secara langsung, memberikan pengalaman yang lebih mendalam daripada hanya melihat iklan atau gambar produk.
Sebuah kegiatan di mana brand mengundang konsumen atau calon konsumen untuk berpartisipasi dalam sesi pelatihan atau edukasi interaktif. Workshop bisa berfokus pada berbagai topik yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan, seperti penggunaan produk, tips and trik, atau pengembangan keterampilan, dan sebagainya.
Tujuan dari workshop yaitu untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen sambil memperkenalkan mereka lebih dalam kepada brand.
Event dalam eksperiental marketing tidak terbatas pada pameran produk saja, namun semua kegiatan event seperti konser, festival, dan lain sebagainya. Sama seperti lainnya, tujuan event marketing ini untuk menciptakan pengalaman langsung yang memungkinkan konsumen berinteraksi dengan produk atau layanan secara langsung.
Salah satu tipe eksperiental marketing ini memberikan pengalaman yang mendalam dan imersif kepada konsumen atau calon konsumen. Misalnya, penggunaan Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) untuk menciptakan sebuah pengalaman produk yang memungkinkan para konsumennya untuk merasakannya secara langsung.
Tipe ini bisa juga digunakan sebagai strategi marketing yang melibatkan partisipasi aktif dari konsumen untuk menciptakan konten terkait brand atau produk.
Brand mengajak konsumen untuk berbagi pengalaman mereka dalam menggunakan produk dan mengunggah konten tersebut ke platform sosial media. Hal ini membantu untuk menciptakan keterlibatan dan brand awareness melalui konten yang dibuat oleh pengguna. Tipe ini juga sering dikenal dengan engagement marketing.
Bagi kamu yang memiliki bisnis, sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan strategi eksperiental marketing. Berikut beberapa alasan mengapa eksperiental marketing sangat cocok untuk bisnis saat ini.
Eksperiental marketing tidak hanya menargetkan pada pelanggan yang sudah setia saja, melainkan juga dapat menarik perhatian calon konsumen baru. Dengan begitu, bisnis kamu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan.
Salah satu kelebihan utama dari strategi eksperiental marketing yaitu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Eksperiental marketing berfokus pada memberikan pengalaman unik dan mengesankan bagi pelanggan, sehingga dapat membangun hubungan yang jauh lebih baik.
Setiap strategi marketing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, eksperiental marketing mampu membantu untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan pelanggan. Data tersebut bisa saja dimanfaatkan untuk memaksimalkan strategi yang sudah ada. Selain itu, data-data pelanggan bisa dipersiapkan untuk strategi pemasaran yang lain.
Eksperiental marketing menjadi solusi terbaik untuk dapat menarik perhatian konsumen di era persaingan bisnis yang sangat ketat. Strategi marketing ini bisa juga dalam membantu untuk mendapatkan konsumen baru, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan mendapatkan data pelanggan untuk strategi marketing lain.
Jika kamu tertarik untuk memahami bagaimana strategi marketing termasuk eksperiental marketing, sebaiknya mempertimbangkan untuk berkuliah di jurusan Ekonomi dan Bisnis di Cakrawala University.
Dengan kuliah di Cakrawala University, kamu akan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai strategi marketing yang relevan dengan industri saat ini.
Bersiap untuk menjadi marketer yang sukses di industri saat ini? Daftarkan segera diri kamu ke Cakrawala University ya!
Baca Juga :
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
Rahmawati
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya
Alifia Kamila
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023