Apa Itu Eksperiental Marketing dan Tipe-tipenya

Apa Itu Eksperiental Marketing dan Tipe-tipenya

Oleh Universitas Cakrawala

01 August 2024

Article Image

Di era bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan harus bisa berinovasi dan mencari cara untuk dapat menarik perhatian konsumen. Salah satu strategi marketing yang semakin populer yaitu menggunakan eksperiental marketing.

 

Eksperiental marketing adalah marketing yang berfokus pada menciptakan pengalaman yang mendalam bagi konsumen. Dengan eksperiental marketing, bisnis tidak hanya menjual produk atau layanan saja, tetapi juga menciptakan pengalaman yang melibatkan konsumen secara emosional dan fisik. Hal ini sangat penting karena konsumen modern cenderung lebih memilih brand yang memberikan pengalaman unik dan personal.

 

Nah, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pengertian eksperiental marketing dan tipe-tipenya, simak informasi di bawah ini!

Apa Itu Eksperiental Marketing?

Eksperiental marketing diambil dari dua kata, yakni experiential dan marketing. Experiential berasal dari bahasa Inggris yang berarti experience atau pengalaman. Sedangkan marketing adalah pemasaran. 

 

Jadi, eksperiental marketing yaitu sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang memberikan pengalaman yang unik dan berbeda dari sebuah brand kepada konsumennya. Tujuannya yaitu agar bisa meningkatkan brand awareness, engagement, kesetiaan, dan penjualan secara langsung.

 

Dengan memberikan pengalaman mengesankan, kesetiaan terhadap suatu brand juga dapat meningkat. Konsumen akan kembali memilih brand tersebut untuk memenuhi kebutuhannya.

Tipe-Tipe Eksperiental Marketing

Supaya kamu bisa lebih memahami eksperiental marketing, berikut tipe-tipe eksperiental marketing yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Pameran Produk

Pameran produk menjadi sebuah acara di mana brand dapat menampilkan produk atau layanan mereka dalam lingkungan yang interaktif. Pameran produk sering diadakan di tempat-tempat strategis seperti pusat perbelanjaan, pameran dagang, atau event khusus.

 

Pameran produk memungkinkan konsumen untuk melihat, mencoba, dan merasakan produk secara langsung, memberikan pengalaman yang lebih mendalam daripada hanya melihat iklan atau gambar produk.

2. Workshop

Sebuah kegiatan di mana brand mengundang konsumen atau calon konsumen untuk berpartisipasi dalam sesi pelatihan atau edukasi interaktif. Workshop bisa berfokus pada berbagai topik yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan, seperti penggunaan produk, tips and trik, atau pengembangan keterampilan, dan sebagainya.

 

Tujuan dari workshop yaitu untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen sambil memperkenalkan mereka lebih dalam kepada brand.

3. Event

Event dalam eksperiental marketing tidak terbatas pada pameran produk saja, namun semua kegiatan event seperti konser, festival, dan lain sebagainya. Sama seperti lainnya, tujuan event marketing ini untuk menciptakan pengalaman langsung yang memungkinkan konsumen berinteraksi dengan produk atau layanan secara langsung.

4. Pengalaman Imersif

Salah satu tipe eksperiental marketing ini memberikan pengalaman yang mendalam dan imersif kepada konsumen atau calon konsumen. Misalnya, penggunaan Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) untuk menciptakan sebuah pengalaman produk yang memungkinkan para konsumennya untuk merasakannya secara langsung.

5. User Generated Content

Tipe ini bisa juga digunakan sebagai strategi marketing yang melibatkan partisipasi aktif dari konsumen untuk menciptakan konten terkait brand atau produk.

 

Brand mengajak konsumen untuk berbagi pengalaman mereka dalam menggunakan produk dan mengunggah konten tersebut ke platform sosial media. Hal ini membantu untuk menciptakan keterlibatan dan brand awareness melalui konten yang dibuat oleh pengguna. Tipe ini juga sering dikenal dengan engagement marketing.

Eksperiental Marketing Sangat Cocok untuk Bisnis Saat Ini!

Bagi kamu yang memiliki bisnis, sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan strategi eksperiental marketing. Berikut beberapa alasan mengapa eksperiental marketing sangat cocok untuk bisnis saat ini.

Membantu Mendapatkan Pelanggan Baru

Eksperiental marketing tidak hanya menargetkan pada pelanggan yang sudah setia saja, melainkan juga dapat menarik perhatian calon konsumen baru. Dengan begitu, bisnis kamu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Salah satu kelebihan utama dari strategi eksperiental marketing yaitu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Eksperiental marketing berfokus pada memberikan pengalaman unik dan mengesankan bagi pelanggan, sehingga dapat membangun hubungan yang jauh lebih baik.

Mendapatkan Data Pelanggan

Setiap strategi marketing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, eksperiental marketing mampu membantu untuk mendapatkan data yang berhubungan dengan pelanggan. Data tersebut bisa saja dimanfaatkan untuk memaksimalkan strategi yang sudah ada. Selain itu, data-data pelanggan bisa dipersiapkan untuk strategi pemasaran yang lain.

Eksperiental marketing menjadi solusi terbaik untuk dapat menarik perhatian konsumen di era persaingan bisnis yang sangat ketat. Strategi marketing ini bisa juga dalam membantu untuk mendapatkan konsumen baru, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan mendapatkan data pelanggan untuk strategi marketing lain.

 

Jika kamu tertarik untuk memahami bagaimana strategi marketing termasuk eksperiental marketing, sebaiknya mempertimbangkan untuk berkuliah di jurusan Ekonomi dan Bisnis di Cakrawala University.

 

Dengan kuliah di Cakrawala University, kamu akan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam mengenai strategi marketing yang relevan dengan industri saat ini. 

 

Bersiap untuk menjadi marketer yang sukses di industri saat ini? Daftarkan segera diri kamu ke Cakrawala University ya!

Baca Juga :

Register Banner

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan

Universitas Cakrawala

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

Rahmawati

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan

Universitas Cakrawala

05 March 2025

Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji

Universitas Cakrawala

12 March 2025

10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!

Rahmawati

27 February 2025

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!

Rahmawati

17 November 2023

Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya

Alifia Kamila

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Logo Cakrawala Black

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.